Living Warrior: Perjalanan Empat Dekade Taekwondo Boyolali

  • Home
  • Living Warrior: Perjalanan Empat Dekade Taekwondo Boyolali
Product Details

Living Warrior: Perjalanan Empat Dekade Taekwondo Boyolali

Rp. Rp. 95.000
Penulis Soenarno Sastroredjo
Ukuran 14,5 x 20,5 cm
Jumlah Halaman xii + 198 halaman
ISBN -
Order Via WhatsApp
  • Share:
  • Deskripsi Lengkap

 

Diinisiasi pada pertengahan dekade 1980-an, rintisan organisasi taekwondo di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah penuh dengan liku. Perjalanan yang benar-benar bermula dari titik nol. Ketika itu, Kota Susu belum berlimpah akses, baik informasi maupun fasilitas. Tekad dalam genggaman dan kerja keras yang konsisten lantas berbuah kebaikan. Taekwondo pun dapat diterima dan turut dalam denyut nadi kehidupan masyarakat Boyolali.

Bersamaan dengan tekad yang semakin bulat, dilakukan pembuktian eksistensi. Sosok para panutan yang penuh integritas, manajemen organisasi yang mumpuni, dan kompetisi yang cukup, berpadu padan dengan dukungan Pemerintah Kabupaten, apresiasi para tokoh, dan sinergi berbagai pihak, bermuara pada prestasi yang membanggakan dan kualifikasi atlet bertaraf nasional. Pada masa inilah, Taekwondo Boyolali mampu meraih medali emas pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIV di Jakarta tahun 1996.

Gayung bersambut. Organisasi taekwondo Boyolali semakin dikenal. Dojang-dojang dibangun hingga tingkat kecamatan. Partisipasi pada kompetisi semakin tinggi. Para atlet bahkan bertekad menjadi juara dunia. Pengembangan organisasi pun mendapatkan tantangan yang tak mudah. Dinamika persoalan, baik internal maupun eksternal, tidak lagi sesederhana dua dekade sebelumnya.

Tahun demi tahun terlewati, hingga semakin terasa kompleksitasnya. Era informasi membawa budaya baru yang sulit dibendung. Gadget dan semua peranti serupa yang mendominasi perikehidupan berpengaruh besar pada pengorganisasian taekwondo Boyolali yang pada praktiknya lebih menonjolkan olah fisik. Dalam waktu bersamaan, referensi bisa didapat dengan cepat dan menggerus ketekunan berlatih, karena kebiasaan yang berubah instant.

Tiap tahap perjalanan Taekwondo Boyolali  tentu saja bagian dari sejarah Kabupaten Boyolali. Sumbangsihnya tak dapat diukur hanya secara material. Taekwondo pada kenyataannya bukan hanya cabang olahraga. Taekwondo sarat dengan nilai-nilai kejuangan dan kekesatriaan yang penting bagi pembentukan karakter generasi penerus Boyolali. Generasi yang bermanfaat bagi orang lain. Generasi kesatria yang hidup. Living Warrior.

Related Product

Buku Serupa

× Chat with us on WhatsApp